Jan 3, 2011

Motivation Is Like Bathing

Baru-baru ini, seorang teman baik gue men-share quote (kutipan) ini di salah satu situs jejaring sosialnya:

People often say that motivation doesn’t last. Well, neither does bathing – that’s why we recommend it daily.” (Zig Ziglar)

Jika diterjemahkan secara kasar, quote ini mengatakan bahwa biasanya motivasi tidak bertahan lama, sama seperti mandi. Jadi, motivasi sebaiknya diberikan setiap hari – sekali lagi, sama seperti mandi. Nah, di antara berbagai perumpamaan tentang motivasi yang pernah gue dengar, misalnya motivasi itu seperti makan satu apel setiap hari, motivasi itu seperti bedah otak, dan motivasi itu seperti cinta (yang kemudian berarti motivasi itu seperti menulis cerita, karena cinta itu seperti menulis cerita. Haha xp), gue menganggap perumpamaan ini (motivasi itu seperti mandi) paling menarik (jika Anda penasaran tentang perumpamaan lainnya, google saja! ;p).

Menurut gue, metafora bahwa motivasi itu seperti mandi bisa dibahas dari beberapa sudut pandang. Pertama (seperti yang ingin diungkapkan Ziglar), mandi adalah sebuah kegiatan yang perlu dilakukan setiap hari, khususnya jika Anda ingin benar-benar terbebas dari segala kuman, kotoran, dan jasad renik yang mungkin menempel di badan Anda. Artinya, motivasi (dalam konteks ini memotivasi diri) adalah sesuatu yang perlu dilakukan setiap hari, khususnya jika Anda ingin terbebas dari segala tugas, kewajiban, dan pekerjaan yang perlu Anda lakukan. Idealnya, mandi dilakukan atas kesadaran sendiri, karena Anda percaya bahwa mandi memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Terkadang, bisa saja Anda lupa, dan Anda perlu diingatkan oleh orang lain. Betul? ;p

Kedua, kapan saja Anda perlu mandi? Pelajar SD mana pun di Indonesia bisa mengatakan kalau mandi itu sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Kenapa? Kebetulan, iklim di Indonesia panas, sehingga mungkin lebih banyak keringat dan kotoran yang menempel di badan Anda sehari-hari. Itu sebabnya orang Indonesia disarankan mandi dua kali sehari, sementara orang Eropa dan Amerika mungkin hanya perlu mandi sekali.. seminggu (bukan berarti orang Eropa dan Amerika lebih bisa memotivasi diri sendiri yah. Haha xp). Intinya, mandi sifatnya sangat situasional. Bisa saja Anda sedang tidak terlalu banyak kegiatan, jadi Anda hanya perlu mandi sekali sehari. Bisa jadi kegiatan Anda begitu banyak, sehingga Anda mungkin perlu mandi tiga kali sehari. Tergantung banyaknya pekerjaan Anda, motivasi yang Anda perlukan tentu saja akan berbeda.

Ketiga, bagaimana Anda mandi? Setiap orang punya cara mandi sendiri. Mungkin Anda mandi dengan shower. Anda cukup menyalakan shower-nya, dan air akan terus mengalir sampai Anda selesai mandi. Mungkin Anda mandi dengan gayung. Anda perlu membasahi badan Anda berkali-kali untuk menyelesaikan kewajiban Anda (mandi, maksudnya ;p). Jika Anda memerlukan motivasi yang berbeda dari biasanya, mungkin saatnya bagi Anda untuk creambath, mandi susu, atau dimandikan oleh ‘…’ (baca: titik-titik . Silahkan isi sendiri. Hehe). Tahukah Anda bahwa orang Jepang terkadang pergi mandi bersama di sebuah sentō (rumah mandi)? ;p

Keempat, apa yang terjadi jika Anda tidak mandi? Dalam bayangan gue, ada beberapa hal yang mungkin terjadi:

  1. Debu, keringat, dan kotoran lain di badan Anda menumpuk. Pekerjaan Anda menumpuk.
  2. Anda mengalami penyakit kulit, seperti gatal-gatal, panu, atau kudis. Bagi orang lain, keberadaan penyakit kulit di badan Anda merupakan bukti definitif bahwa Anda malas menjaga kebersihan badan Anda. Nah, dalam konteks motivasi, munculnya bukti-bukti ini menandakan bahwa Anda mulai kewalahan dengan pekerjaan Anda – kurang tidur, tampang lelah, stres, dan lainnya.
  3. Jika Anda tidak mandi dalam jangka waktu yang cukup lama, biasanya Anda akan sulit untuk melakukan hal lain dengan baik, karena Anda begitu tidak nyaman dengan keadaan badan Anda. Menurut gue, hal ini juga berlaku untuk motivasi. Jika Anda tidak memotivasi diri Anda dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda akan sulit untuk melakukan apa pun. Anda merasa sangat ingin melakukan sesuatu, sayangnya motivasi Anda tidak cukup untuk benar-benar melakukan hal tersebut.

Jadi, sudahkan Anda mandi hari ini? ;p

Hope you had fun!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...