Oct 9, 2011

kisah si benalu..

halo! namaku benalu.

iya. benalu.

be-na-lu.

benalu yang terkenal itu..

yang katanya manusia sih sering jadi parasit di tumbuhan.
yang katanya nggak berguna.
yang katanya cuma menyerap nutrisi tumbuhan yang ditumpanginya..

iya juga sih..

kalo kerjaannya numpang melulu, nyedot nutrisi pula..
gak tau diuntung banget ya?

sakit sih kadang-kadang..
kalo denger manusia di sebelah pohon yang kutumpangi, saling berucap bahwa mereka akan segera memusnahkan aku..
padahal kalo bisa pindah dari sini pun sebenarnya aku ingin..
tapi aku nggak bisa hidup di tempat lain..
hidup di tempat lain sama saja artinya aku harus menumpang di tumbuhan yang lain lagi..

suatu ketika, aku harus berpisah dengan ibuku dan berpindah ke tumbuhan bernama teh..
seperti biasanya, aku menyedot nutrisinya..
tumbuhan teh itu pun merasa risih dengan keberadaanku..

ia berkali-kali mengeluh..

'aku hanya berbisik padamu, aku yakin tidak ada yang mendengar.. tapi tak bisakah kamu berhenti menyedot nutrisiku?'

aku hanya bilang..

'aku cuma ingin hidup.. aku tak tahu lagi bagaimana caranya aku bisa hidup kalau bukan menumpang padamu..'

ia kembali menyahut..

'ah.. benar kata orang.. kamu memang parasit.. tidak berguna.. tapi yasudahlah.. aku cukup kuat.. kubiarkan kamu menyedot nutrisiku..'

rasanya aku ingin menangis..
ingin berteriak..

aku tidak ingin menjadi benalu! siapa bilang aku berharap terlahir sebagai benalu?
dicemooh dan tidak diharapkan oleh tumbuhan maupun manusia..

tiba-tiba seorang petugas perkebunan datang di minggu kelima aku bertengger disana..
ia memetikku..

aku bahkan tidak sempat mengucap selamat tinggal dan berterimakasih pada tumbuhan teh yang kutumpangi..
ia membawaku dan sejumlah teman-teman benalu ke sebuah tempat..
tak disangka, semakin lama aku semakin sesak napas!

sangat lemas rasanya..

samar-samar aku melihat ia membawaku ke sebuah pabrik bertuliskan 'benalu teh'..

aku sudah pasrah..

samar pula aku dengar para petugas itu membicarakan sesuatu..
tentang khasiat benalu teh bagi manusia..

aku tersentak. hah?
sejak kapan aku berkhasiat? berkhasiat itu sama artinya dengan bermanfaat kan?

aku mendengarkan dengan saksama..

dan mendapatkan fakta bahwa aku ternyata bermanfaat menyembuhkan kanker, tumor, dan darah tinggi..
penyakit pada manusia yang sulit disembuhkan..

seketika aku merasa sangat senang..

ya. aku ternyata bisa bermanfaat bagi orang-orang yang pernah mencemoohku..
dan ini semua juga berkat tumbuhan teh yang dulu kutumpangi..

biarpun ia mencemooh keberadaanku, tapi ia tidak membiarkan tumbuhan teh lain tahu kalau aku membuatnya kesal..

dan kini aku pun menunjukkan kepadanya, bahwa aku bisa bermanfaat..

#sebuahanalogi

..everybody can be a hero in their own unique way..

4 comments:

Okki Sutanto said...

Benalu mirip sama sampah ya..
Dikira gak ada gunanya, ternyata.. =D

Mari jadi benalu dan sampah!! hehe

Anastasia Satriyo (Ning's House) said...

Mir, beberapa tulisan lu akhir-akhir ini tampaknya menunjukkan archetype yang lagi lu hidupi yaa... hehe. Segala sesuatu punya sisinya masing-masing, tergantung dilihat dari perspektif mana. Jatuhnya jadi ilmu tergantung yang klise sih, tapi justru kemampuan untuk bisa melihat dari perspektif2 lain seperti halnya tentang benalu ini yang membuat kita justru bisa bertahan dan menjadi "sesuatu"-ga pake alhamdulilah. Hahaha.

aruimula said...

anas: betul anaas! :) dan tidak mudah lho melihat dari sudut pandang berbeda..

okki: iya.. sebenernya semua ada manfaat positifnya.. tapi jarang ada orang yg mau berusaha ngeliat kesana.. gw aja susah.. ;p

Unknown said...

Bagaimana sinopsis dari novel ini

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...