Mar 24, 2011

sunflower.

Aku sedang menjemur pakaian ketika terlibat dalam pembicaraan dengan sahabatku yang kerap menyambangi aku di kala pikiranku kosong..

Dia : Hei.. Wajahmu nampak sedang bahagia.. Boleh aku tahu ada berita baik apa?

Aku tersenyum.

Aku : Kamu ingat bibit yang kutanam di halaman rumah lima bulan yang lalu?

Dia : Tentu saja. Bibit bunga matahari itu kan?

Aku : Betul sekali! Kini ia telah bertumbuh menjadi bunga matahari yang begitu cantik!

Dia : Oh ya? Wah! Aku turut senang mendengarnya..

Aku : Ya.. Walau kadang aku bingung.. Ia terus bergerak mengikuti matahari.. Apa ia tidak lelah? Dan kadang aku takut..

Dia : Takut? Kenapa kamu harus takut?

Aku : Aku takut ia lelah mengikuti arah sinar matahari..

Sahabatku tergelak.
Aku menatapnya keheranan.

Aku : Kenapa kamu tertawa?

Dia : Kamu bodoh. Lagipula memangnya kenapa kalau ia lelah?

Aku mengernyitkan dahi.

Aku : Tentu saja aku takut ia layu.

Sahabatku kembali tertawa terbahak-bahak.

Dia : Hahaha. Apa sih yang kamu perlu takutkan? Ia tidak akan pernah layu hanya karena bergerak mengikuti sinar matahari. Jika kamu menyiraminya dengan penuh cinta, ia akan tetap berdiri disana dan berpijak pada akarnya.. Yang mau aku tanyakan, di balik semua ketakutanmu itu, sudahkah kamu menyiraminya sesuai kebutuhannya?

Aku : Aku.. menyiraminya seminggu sekali setelah ia tumbuh..

Lagi-lagi aku ditertawakan oleh sahabatku.

Dia : Sahabatku sayang, bunga matahari harus disiram setiap hari.. Namun jangan sampai airnya menggenang.. Ada baiknya kamu mengikuti saranku daripada hanya mengeluhkan ketakutanmu yang tidak beralasan itu..

Aku terdiam.
Sahabatku benar.
Aku hanya perlu merawatnya dengan hati.
Aku hanya perlu menyiraminya dengan air.
Tentu tidak boleh berlebihan, atau kekurangan.
Aku hanya perlu membiarkannya bergerak mengikuti matahari seperti kebiasaannya.
Aku hanya perlu menyingkirkan rasa takutku.
Ia tidak akan pernah layu.
Ia akan tetap berpijak disana seperti 151 hari sebelumnya. :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...