Sep 13, 2010

Aku dan Pak Iman

Semua orang yang mengenal Pak Iman, pasti menyukai beliau. Mulai dari murid-muridnya, bekas murid-muridnya, hingga rekan-rekan guru di sekolahnya. Rasanya Pak Iman cocok dijadikan panutan oleh semua orang. Ibarat malaikat, ia tidak memiliki suatu kekurangan apa pun. Pintar, beriman (sebagaimana namanya), jujur, dan segala kata sifat baik-baik lainnya rasanya cocok disematkan untuk beliau. Andai ada pemilihan guru teladan tahun ini, sudah bisa dipastikan Pak Iman juara satunya, juara duanya, dan juara tiganya. Tidak ada saingan.

Hingga kini tidak pernah ada yang menyangkal karisma Pak Iman. Semua orang menghormati dan mengaguminya, begitu pula aku. Kepadanyalah aku bertanya jika kesulitan mengerjakan pe er. Kepadanyalah aku bercerita ketika mengalami kesulitan. Kepadanya juga aku belajar banyak hal. Pak Iman adalah gambaran ideal bagiku dan rekan-rekan seumuranku. Aku ingin menjadi seperti Pak Iman!

Namun semuanya berubah malam itu. Tatkala aku melihat dengan mata kepalaku sendiri, hal yang mungkin tidak akan pernah kupercaya, tapi mau tak mau kupercaya. Berawal dari pertengkaran kecil dengan istrinya, ia lantas memukul istrinya. Belum puas, ia memukul lagi, menendangi, menjambak, hingga meludahi istrinya. Puncaknya ketika ia mendorong sang istri yang memberikan perlawanan. Tak sengaja, kepala sang istri terbentur sudut meja. Istrinya jatuh, terkapar, lantas tak sadarkan diri, untuk selama-lamanya.

Sejak kejadian itu semuanya berubah. Semua hal baik tentang Pak Iman terhapus dalam sekejap. Dari pujaan jadi hinaan. Ia dipecat, lantas dipenjara. Desas desusnya, Pak Iman mengalami gangguan psikologis berat, justru karena tuntutan yang ia terima dari lingkungannya. Entah apa nama gangguan itu, aku tak peduli. Yang jelas, sejak saat itu Pak Iman bukan ayahku lagi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...